Rabu, 03 Desember 2008



Tatacara Penerimaan Taruna Akademi Militer


Bagi anak-anak Bapak yang sekarang duduk dikelas XII yang bentar lagi akan rampung pendidikannya, terutama bagi kalian yang setelah tamat berkeinginan untuk menjadi tentara harus baca tulisan ini....Semoga kalian dapat meraih cita-citamu Amin.

C

alon Taruna Akademi Militer mengikuti seleksi penerimaan melalui dua tahap, yaitu: Seleksi panitia daerah dan seleksi panitia pusat yang Calon Taruna Akademi Militer mengikuti seleksi penerimaan melalui dua tahap, yaitu: Seleksi panitia daerah dan seleksi panitia pusat yang diselenggarakan Mabes TNI AD.

Syarat-Syarat

  1. Warga Negara Indonesia, Pria, Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945 serta bukan Prajurit TNI/Anggota Polri.
  3. Umur pada saat masuk pendidikan tidak kurang dari 18 tahun dan tidak lebih dari 22 tahun.
  4. Berkelakuan baik dan tidak kehilangan hak untuk menjadi Prajurit TNI disertai dengan Surat Keterangan dari Kepolisian setempat berdasarkan Putusan Pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.
  5. Berbadan sehat (Jasmani dan Rohani) dan babas narkoba.
  6. Tamatan SMU/Madrasyah Aliyah jurusan IPA dan IPS. Khusus untuk jurusan IPS disesuaikan dengan kebutuhan.
  7. Belum pernah nikah dan sanggup tidak akan nikah selama dalam pendidikan.
  8. Tinggi badan tidak kurang 163 cm.
  9. Sanggup melaksanakan Ikatan Dinas Pertama selama 10 (sepuluh) tahun terhitung mulai saat dilantik menjadi Perwira TNI dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Republik Indonesia.
  10. Persetujuan dari orang tua/wali bagi yang belum berusia 21 tahun.
  11. Bagi yang sudah bekerja secara tetap sebagai pegawai/karyawan:
    • Surat Persetujuan dari Kepala Jawatan/Instansi yang bersangkutan.
    • Bersedia diberhentikan dari status pegawai, bila diterima menjadi Taruna.
  12. Harus mengikuti dan lulus ujian:
    • Administrasi
    • Kesehatan badan dan jiwa
    • Jasmani (postur lahiriah dan kemampuan)
    • Test wawancara
    • Psikologi
  13. Akademik, meliputi:
    • Jurusan IPA: PPKN, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia dan
      Matematika.
    • Jurusan IPS: PPKN, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ekonomi, Sosiologi/Antropologi dan Matematika.

Pendaftaran

  1. Dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan Maret
  2. Cara pendaftaran. Calon datang sendiri ke tempat pendaftaran dengan menunjukkan dokumen asli dan menyerahkan masing-masing 2 (dua) lembar :
    • Fotocopy dari:
      • Kartu Kewarganegaraan (keturunan WNA)
      • Akte Kelahiran / Surat Kenal Lahir
      • KTP calon dan KTP orang tua / Wali
      • Kartu Keluarga/ KK
      • STB SD, SMP dan SMU. Mereka yang masih duduk di kelas III SMU melampirkan raport kelas I s/d III semester I serta membawa Surat Keterangan dari Kepala Sekolah bahwa calon adalah siswa kelas III yang terdaftar sebagai peserta ujian.
    • Pas foto hitam putih terbaru ukuran 4 x 6 cm sebanyak 10 lembar.

Tempat pendaftaran di Panitia Daerah (Panda) / Sub Panda:

  1. Panda I Sumbagut: Medan, Sibolga, Padang dan Pekanbaru.
  2. Panda II Sumbagsel: Palembang, Jambi, Bengkulu dan Bandar Lampung.
  3. Panda III Jabar: Bandung, Cirebon, Serang, Garut dan Bogor.
  4. Panda IV Jateng dan DIY: Semarang, Purwokerto, Yogyakarta dan Solo.
  5. PandaVJatim: Surabaya, Malang, Madiun dan Mojokerto.
  6. Panda VI Kalimantan: Balikpapan, Banjarmasin, Palangkarayadan Pontianak.
  7. Panda Vll Sulawesi: Makassar, Manado, Palu dan Kendari.
  8. Panda IX Bali dan Nusra: Denpasar, Mataram, dan Kupang
  9. PandaXVl Maluku: Ambon dan Ternate.
  10. Panda XVII Papua: Jayapura, Biak, Sorong, dan Merauke
  11. Panda NAD: Banda Aceh.

Lain-lain

  1. Selama mengikuti seluruh kegiatan ujian/pemeriksaan tersebut tidak dipungut biaya apapun
  2. Formulir pendaftaran dan lainnya disediakan di Panda/Subpanda secara gratis.

Tidak ada komentar: