Senin, 01 Desember 2008

Membaca Dengan Cerdas


Banyak orang yang mengalami kesulitan dalam mengembangkan ketrampilan membaca. Tidak jarang, pada sebagian besar orang yang tingkat pendidikannya tinggi sekalipun, persoalan ini masih saja terjadi. Cerdas membaca mengisyaratkan bahwa pembaca bisa mengambil pelajaran atau informasi penting dari bacaannya. Hasil bacaan yang berguna adalah yang segera memberi manfaat kepada pembacanya sendiri dan juga kepada orang lain.

Steve Kaufmann menuliskan sebuah artikel dengan judul 7 Pleasurable Ways to Improve Your Reading Ability. Penjelasannya tentang tujuh cara cerdas membaca sebenarnya sangat sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja. 7 cara cerdas membaca adalah:

  1. Membaca sesuai minat. Berbagai bahan bacaan bisa saja didapatkan, tetapi yang paling memberi manfaat kepada pembaca adalah bahan bacaan yang menyenangkan dan menarik bagi pembacanya sendiri.
  2. Membaca sesuai kemampuan dan daya nalar. Bagi orang dewasa tentu tidaklah sulit memastikan tentang kemampuan dan daya nalarnya sendiri. Dalam proses mendidik, orang dewasa perlu mempertimbangkan kemampuan anak dalam memahami bacaan menurut bahasa atau isinya. Namun, dalam upaya memacu perkembangan kemampuan membaca, tingkat kesulitan bacaan selanjutnya dinaikkan setingkat demi setingkat
  3. Belajar membaca secara mendalam, tetap menekuni bahan yang sama dalam jangka waktu tertentu. Hampir sejalan dengan proses belajar berjalan. Dalam usaha untuk memahami bahan bacaan tertentu, kita tidak perlu berganti-ganti topik bahasan. Kalau perlu kita juga belajar konsisten untuk membaca buku yang ditulis oleh orang-orang tertentu agar terbiasa dengan gaya bahasa dan pilihan katanya. Pada saatnya nanti kita beralih ke topik yang lain atau pengarang yang lain.
  4. Jika mengalami kesulitan membaca, belajarlah dengan mendengar. Tahap awal dari proses belajar bisa jadi dengan mendengar dan menyimak orang lain membaca. Proses semacam ini bisa dijadikan sebagai budaya belajar bersama dimana orang yang sudah tinggi kemampuan membacanya membaca dengan keras dan yang baru pada tahap belajar menyimak. Membaca dengan suara keras pun bisa memberi manfaat bagi mereka yang memiliki ciri belajar dengan suara.
  5. Menggunakan imajinasi dalam membaca. Kaufmann berkeyakinan bahwa seorang pembaca yang baik selalu hanyut dalam bacaan dan membiarkan imajinasi membantu dalam pemahaman bacaan. Dengan menikmati bacaan, kita akan menjadi lebih aman dan bisa terus belajar lebih mendalam. Nikmati saja informasi, gagasan dan pikiran yang disajikan oleh pengarang.
  6. Jangan cemas kalau tidak mengerti. Tidak semua proses membaca bisa membuat pembacanya mengerti. Sebagian besar usaha membaca adalah mendatangkan rasa senang dan gembira. Secara pribadi sebagian informasi yang diberikan penulis sudah pernah kita ketahui, sesuai dengan cara kita sendiri. Perasaan senang itulah yang kita perlukan untuk terus belajar membaca.
  7. Tingkatkan kemampuan membaca dengan memperbanyak kata kunci. Dalam proses belajar membaca, kita perlu memperkaya perbendaharaan kata dan informasi dengan berbagai cara seperti memakai flash card, catatan kecil dan lain sebagainya. Dari banyaknya informasi yang kita gali pengalaman membaca itulah kita bisa meningkat menjadi cerdas membaca.

Inilah sebagian dari apa yang bisa kita peroleh dari Steve Kaufmann. Apabila anda berkeinginan untuk menggali lebih mendalam tentang teori-teori belajar semacam ini silahkan membaca pada alamat berikut:

Tidak ada komentar: